Berita Luar Negeri

Jumat, 14 Januari 2011

Animasi Multi Fungsi

Bingung mw posting apaan, n kasihan ni blog klo gag Abang isi. Teringat beberapa hari lalu dalam acara launching ANIMO (ANIMator medurO), 11 - 1 - 11. Ada seseorang audience yang bertanya tentang dimana letak animasi dalam duni politik yang carut marut ini, bagaimana peranan animasi dalam hal sosial budaya, dan sebagainya, apakah animasi hanya untuk having fun aja, ataukah seperti apa.

Animasi adalah sebuah sarana, animasi adalah sebuah perantara, animasi adalah sebuah wadah, animasi adalah kehidupan , animasi adalah kebahagiaan, Ya... animasi adalah suatu hal yang multi fungsi. Dalam dunia politik misalnya, animasi bisa dijadikan sarana untuk mengkritik hal2 yang sekiranya kita kurang sreg (ex: Bang One @TVOne). Animasi juga bisa sebagai sarana melestarikan atau mengenalkan kebudayaan , kita bisa membuat suatu film tentang ciri khas suatu daerah, dikemas dalam bentuk yang lebih menarik , n pasti orang juga tertarik.

Bosen dengan metode pembelajaran yang monoton, guru menerangkan, dan murid hanya mendengarkan, apalagi pelajaran sejarah,, wah,, dongeng sebelum tidur tuh... sekali lagi,, animasi bisa jadi alternatif jawaban untuk itu. Sekarang sudah tidak jarang animasi digunakan sebagai
media pembelajaran, pelajaran jadi lebih interaktif, lebih menarik, apa lagi klo dikasih sedikit humor, pasti murid akan lebih memperhatikan, mereka senang dan terhibur, tanpa menghilangkan maksud / tujuan utama sebagai media pembelajaran.

Kita semua tahu klo moral dan mental masyarakat kita sudah compang camping, lagi2 animasi bisa membawa sebuah jawaban. Anak kecil identik dengan film kartun, namun kita jangan kuatir dengan mereka, karena animasi pun bisa juga sebagai sarana pembentuk karakter, pembentuk mental dan moral. Banyak film kartun yang menyelipkan pesan2 moral untuk anak2, anak kecil pasti menyukai tokoh kartun yang dia suka, dan tokoh kartun itu bisa sebagi sarana untuk memberikan contoh yang baik untuk anak2. Pembelajaran agama pun juga bisa dikemas dengan animasi, sekali lagi, dikemas dengan "bungkus" yang menarik.

Animasi pun juga sering digunakan untuk penyampaian pesan masyarakat. Dan masih banyakl lagi kegunaan2 animasi , Bisa ditarik kesimpulan, Animasi adalah suatu sarana multi fungsi, bisa diguknakan untuk apapun, tergantung bagaimana kita menempatkannya.
Dan pihak yang paling berpengaruh untuk itu semua adalah pembuat n produser animasi. , jadi iharapkan untuk mereka2 yang berperan dalam pembuatan ataupun penyebaran bisa lebih bijak. Dan juga kita semua juga punya peran di dalam itu semua...

Jadi,,, jangan takut membuat gebrakan dalam dunia animasi.. Maju terus Animasi di Indonesia,, jangan kalah ma bangsa lain,,, apalagi ma tetangga sebelah,,,

1 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More