Berita Luar Negeri

Selasa, 29 Juni 2010

Seperlima Aplikasi Android Bisa Berubah Jahat

SAN FRANSISCO - 1 di antara lima aplikasi Android yang ada di Android Market diklaim dapat berubah menjadi aplikasi jahat karena memiliki sistem yang lemah dan dapat disiasati oleh hacker.

Hal ini dinyatakan oleh perusahaan keamanan internet SMobile System, seperti dikutip melalui Cellular News, Senin (28/6/2010).

Menurut pihak SMobile System, ribuan aplikasi Android tersebut kebanyakan dibuat oleh pihak ketiga. Aplikasi tersebut dapat mengakses informasi pribadi dan sensitif yang dimiliki oleh pengguna android. Hal inilah yang mampu menarik minat hacker untuk membobol aplikasi tersebut dan menungganginya untuk kepentingan berbahaya.

Dalam menyimpulkan hasil ini, SMobile System telah menganalisa sekira 48.000 aplikasi yang saat ini memenuhi Android Market.

Sebagai informasi tambahan, sekira lima persen dari aplikasi dalam riset tersebut memiliki kemampuan untuk melakukan panggilan telepon ke semua nomor ponsel tanpa membutuhkan ijin dari pengguna. Sedangkan dua persen di antara aplikasi tersebut dapat secara langsung melakukan pengiriman SMS ke nomor premium tanpa sepengetahuan pengguna.

"Arsitektur open-source yang mendorong ponsel Android dan melimpahnya toko aplikasi yang tersedia untuk semua perangkat smartphone telah memungkinkan pengembang untuk dengan cepat menciptakan aplikasi baru. Akibatnya, aplikasi yang saat ini tersedia memiliki potensi untuk menyebabkan kerusakan serius ke perangkat, pelanggan dan jaringan selular yang lebih luas," ujar Direktur Technology SMobile Systems Daniel V. Hoffman.
(srn)
 sumber : okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More